Selasa, 01 Oktober 2013

BASIS DATA PADA TOKO BUKU GRAMEDIA


 
BASIS DATA PADA TOKO BUKU GRAMEDIA
A.  Pengertian basis data
 basis data adalah kumpulan informasi yang disusun berdasarkan cara tertentu dan merupakan suatu kesatuan yang utuh. Dengan sistem tersebut data yang terhimpun dalam suatu database dapat menghasilkan informasi yang berguna.

Dari definisi ini, terdapat tiga hal yang berhubungan dengan basis data, yaitu sebagai berikut :
1.    Data itu sendiri yang diorganisasikan dalam bentuk dalam bentuk basis data (database).
2.    Simpanan permanen (storage) untuk menyimpan basis data tersebut. Simpanan ini merupakan bagian dari teknologi perangkat keras yang digunkan di sistem informasi. Simpanan yang permanen umumnya digunakan berupa hard disk.
3.    Perangakat lunak untuk memanipulasi basis datanya. Perangkat lunak ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer atau dibeli dalam bentuk suatu paket. Banyak paket perangkat lunak yang disediakan untuk memanipulasi basis data. Perangkat lunak ini disebut dengan DBMS (Data Base Management System). Contoh DBMS yang terkenal misalnya dBASE, Fox, Base, Microsoft Access, Oracle dan lain-lain. DBMS yang popular untuk mengolah basis data sekarang ini adalah RDBMS (Relational Data Base Management System). RDBMS menggambarkan field dari data dan bagian baris menunjukkan record dari data.

baca juga : Pembuatan SBU 2022

B.   Implementasi basis data pada toko buku gramedia
  1. lantai 1 ( kebutuhan umum )
dilantai satu ini, toko buku Gramedia mengisi nya dengan kebutuhan umum untuk para pelajar, mahasiswa, serta orang kantoran seperti, alat tulis, tas, dan sebagainya. Dalam kasus ini semua barang jualan pastinya di kelompokkan berdasarkan fungsi, seperti tas di tempatkan pada suatu lemari gantungan khusus.

  1. lantai 2 ( buku umum dan mahasiswa )
disini buku di kelompokkan berdasarkan tipe buku, seperti untuk buku Design Grafis dengan kode Rak 2220, Buku photoshop dengan kode Rak 2228, dan sebagainya.     Dengan dilengkapi fasilitas komputer, semua buku dilantai 2 ini di data berdasarkan Tipe buku, Penerbit, Penulis, dengan adanya data tersebut, memudahkan para pembeli untuk mencari buku yang dicari, hanya dengan memasukkan salah satu tipe data diatas (Nama buku, Penulis buku, Penerbit, dan tipe buku).

baca juga : SBU 2022

Dalam sistem pembayaran juga menggunakan basis data, semua buku didata berdasarkan nama buku, penerbit, penulis, no rak, dan lanjut harganya. Supaya gak memakan waktu ketika menginput nama buku, dikeluarkan alat yang bernama “Barcode” yang berfungsi mendeteksi sensor CCD (Charge Coupled device)untuk merekam foto barcode, baru kemudian membaca dan menterjemahkannya kedalam sinyal elektronik digital. Setelah itu keluarlah outputnya mengenai barang detail barang (nama buku, penerbit, penulis, no rak, dan harga), sehingga memudah kan dalam transaksi pembayaran.
 
  1. lantai 3 (komik, novel)
tidak jauh berbeda dari sisem pembayaran, pencarian buku, detil buku, juga ada dilantai tiga, hanya saja dilantai tiga ini khusus buku yang bersifat fiksi, karangan, dan manga (komik, novel).

#Berdasarkan Pengamatan Pribadi



1 komentar

© Abang Fatta
Maira Gall